Dokumen rapi, kehidupan pun rapi?

By Septi Setiawati - 22.15

Assalammu'alaikum....

Malam ini saya berniat mengerjakan sesuatu di laptop saya. Ketika saya mulai membuka windows explorer, saya merasa risih melihat folder-folder yang tidak tertata rapi. Mulai dengan nama-nama folder yang tidak jelas seperti "New Folder","xxx","tes" dan sebagainya. Itu isi laptop saya, tapi saya sendiri lupa apa isi folder-folder tersebut. Ternyata, ketika saya buka, folder-folder itu berisi file-file dan folder-folder penting yang sudah sangat lama sekali saya lupakan dan mungkin saya anggap file itu sudah hilang. Karena, saya pikir, file-file itu sudah hilang bersama laptop tercinta saya dulu. Namun, ternyata file-file itu sudah saya back up (berantakan) dimana-mana, sampai-sampai banyak sekali file yang double. Perasaan saya senang campur sedih.

Saya sangat senang karena saya telah menemukan file-file yang sudah saya anggap hilang. Itu adalah file yang sangat penting! Ya, hasil kerja saya dan beberapa memori masa lalu, sangat berharga. Tapi di sisi lain saya sangat sedih melihat kondisi dokumen saya yang sangat berantakan. Wow! Harus siap-siap membereskan. Akhirnya saya pun merapikan semua file-file dan folder-folder itu sesuai dengan tempatnya....

Sungguh pekerjaan yang sangat menyita waktu. Saya membutuhkan waktu berjam-jam hanya untuk merapikan dokumen-dokumen saya. Saya jadi berpikir, kenapa saya harus membuang-buang banyak waktu hanya untuk merapikan dokumen-dokumen saya sendiri? Kenapa tidak dari awal, ketika pertama kali menyimpannya, saya seharusnya menyimpan langsung ke tempatnya dan menamainya sesuai dengan isi file. Kenapa baru terpikir sekarang?

Sebenarnya sudah dari dulu saya diajarkan oleh "seseorang" untuk menyimpan segala sesuatu, termasuk dokumen-dokumen itu pada tempatnya. Ya, nasehat dia 100% benar. Dokumen di laptop saya masih dibilang sedikit, tapi bayangkan jika ratusan bahkan ribuan dokumen di sebuah perusahaan tidak tertata rapi? Hancurlah semua. Kebiasaan kecil ternyata memang akan berpengaruh besar pada kehidupan kita, baik sekarang, maupun masa yang akan datang.

"Dengan belajar disiplin, menempatkan segala sesuatu pada tempatnya, dan memulai kebiasaan-kebiasaan baik dari hal yang paling kecil, akan memberikan perubahan besar di masa yang akan datang"

  • Share:

You Might Also Like

0 comments